Emacs dan PEKWM

Bismillah
Laa ilaaha illallah, Muhammadurrasulullah

Yup.
PEKWM adalah Window Manager yang saya seriusi beberapa minggu ini, dan dengan beberapa fitur minor yang missing (yang ternyata ada utility penggantinya), cocok sekali dipakai dalam ritme kerja development (dan working) dengan Emacs.

Istri saya, Ela, yang melihat saya membuka Emacs berkomentar : “Bagus ya, bisa full. Enggak ada yang diatasnya”.
Dan itu yang paling utama.

Install PEKWM pada K/Ubuntu dengan perintah berikut :

      sudo apt-get install pekwm

Dan pada saat login pilihlah PEKWM (ALT+T).

Anda akan menghadapi Desktop kosong.

Berikut adalah Shortcut key (yang membuat saya nyaman) pada PEKWM :

  • WIN + F
    FullScreen (untuk apapun, dialog atau window) mode. Ini adalah mode yang paling menyempurnakan Console (XTerm)
  • WIN + M
    Maximize Window. Perbedaannya dengan FullScreen adalah Maximize masih menyisakan Title Bar.
  • WIN + E
    Menjalankan XTerm, atau Emulasi Console pada X-11 (Perhatikan bahwa X-11 adalah Server Graphic di Linux)
  • WIN + D
    Run Dialog. Ini yang sering missing di berbagai lightweight Window Manager (sebelumnya saya mencoba FLWM, Fast and Light Window Manager, dan tersadar kurangnya fitur ini sehingga mencoba yang lain).
  • WIN + ARROW
    Baik Up, Down atau Left, Right. Ini adalah fitur yang paling mengasyikkan yang membuat kerja semakin optimal. Buka satu XTerm dan jalankan emacs -nw serta buka Flock Social Browser, dan gunakan WIN+UP/DOWN untuk pindah Window.
  • WIN + C
    Memunculkan semua Window yang berjalan.
  • WIN + I
    Meminimizekan Window yang aktif dan tidak memunculkannya dalam list Window berjalan yang dimunculkan dengan WIN + C. Ini adalah fitur yang tepat dikombinasikan dengan WIN+UP/DOWN/LEFT/RIGHT. Pada satu saat, saya mungkin saja menjalankan banyak Aplikasi : Emacs dalam XTermnya sendiri, Flock untuk mengecek output aplikasi PHP, Evolution untuk mengecek Email atau satu XTerm sendiri untuk menjalankan MySQL. Namun, hanya ada dua aplikasi yang sering saya switch : misal Emacs dan Flock. Nah, semua window yang lain akan saya minimize dengan perintah WIN+I.
  • WIN + R
    Memunculkan menu aplikasi. Disini Anda dapat menambahkan aplikasi-aplikasi yang Anda sukai. Awalnya saya menggunakan ini, namun kemudian saya lebih menyenangi menggunakan WIN+D dan mengetikkan langsung aplikasi yang ingin saya jalankan. Cara ini lebih cepat.
    CATATAN : Kalau Anda ingin menambahkan entry menu Anda sendiri, silahkan modifikasi file ~/.pekwm/menu.

Lain dari pada itu, jika Anda mengklik kanan title bar semua Window pada PEKWM, akan dimunculkan berbagai fitur tambahan seperti Always On Top atau Shade (hanya menyisakan title bar). Saya terkadang menggunakan ini untuk bekerja sembari chat menggunakan GAIM.

Satu lagi, cara PEKWM menangani fokus kerja sangat menyenangkan. Jika sedang browsing pada Flock, dan ada Window GAIM muncul untuk memberitahukan ada Buddy yang menyapa, maka Anda tinggal menggerakkan mouse ke WIndow GAIM dan menjawab sapaan Buddy tersebut. Nah, jika sudah dan ingin bekerja kembali ke Flock, Anda cukup menggerakkan mouse ke arah Window Flock, dan fokus langsung bergeser ke Flock, tanpa menutup jendela GAIM. FItur ini sangat menyenangkan.

Semoga bermanfaat.

Subhanakallahumma wa bihamdika
Asyhadu anlaa ilaaha illa anta
Astaghfiruka wa ‘atubuilaika

powered by performancing firefox

Leave a Reply

